Rabu, 09 Maret 2016

LATIHAN SOAL UTS GENAP


BAHASA INDONESIA

VII

Senin, 7 Maret  2014 

Waktu :  06.45 – 08.15



MEMBACA

Teks 1
Teks 2
Neki Saputra (4), warga Mojorobo ditemukan tewas disebuah bagunan sapiteng yang belum jadi milik tetangganya. Kejadian tersebut terjadi saat Neki bermain dengan teman-temannya.Setelah lama dicari ternyata tubuh neki sudah mengapung di sapiteng yang penuh dengan air akibat hujan deras itu.Neki dilarikan di rumah sakit namun sayang nyawanya tidak dapat ditolong.
Sebanyak 12 siswa SD Lebosari 01-02 Semarang, kemarin dilarikan ke rumah sakit terdekat, karena mereka diduga mengalami keracunan. Penyebab pastinya  masih dalam penyelidikan aparat kepolisian. Diduga nasi bungkus itulah yang menyebabkan keracunan, tetapi ada juga yang beranggapan siswa makan tanpa cuci tangan padahal mereka telah menggunakan lotion anti nyamuk. Penggunaan lotion anti nyamuk memang dianjurkan sekolah untuk mengantisipasi membludaknya wabah demam berdarah.
1.
       
          Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah ….
          a. penyebab kematian korban
          b. membludaknya wabah demam berdarah
          c  kondisi kritis korban keracunan
          d. kelalaian dari orangtua dan guru

Teks Berita 1
Teks berita 2
Lima staf Deplu tewas di Pantura, Senin 17/12 dini hari. Mereka mengalami kecelakaan sepulang mengikuti konferensi PBB tentang perubahan iklim di Bali.Mobil Toyota kijang nopol B 1195 PQ yang mereka tumpangi menabrak dari belakang sebuah truk Fuso yang parkir di tepi jalan pantura Desa Santing Kabupaten Indramayu.
Jumat (21/12) pukul 02.00 terjadi kecelakaan tragis di Desa Ambat antara mobil Daihatsu xenia dengan kijang innova. Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut namun 6 penumpang mengalami luka berat.
2.











           Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah …

Teks Berita 1
Teks Berita 2
a.
b.
c.
d.
mengapa-apa-kapan
mengapa-apa-bagaimana                              
berapa-kapan-bagaimana
berapa-siapa-bagaimana
berapa-apa kapan
berapa-siapa-kapan
kapan-apa-berapa
kapan-bagaimana-berapa

Bacalah teks berikut dengan seksama kemudian kerjakan soal nomor 3 dan 4!

(1) Tokoh emansipasi wanita dari Jepara. (2) Beliaulah Raden Ajeng Kartini. (3) Kumpulan surat-surat R.A. Kartini dibukukan dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang.(4) Dalam buku tersebut tertuang cita-cita Kartini ingin  mempunyai pengetahuan yang amat banyak agar dapat mengabdikan diri pada orang lain. Dia menginginkan melanjutkan ke HBS tetapi tidak diijinkan karena dia seorang perempuan.

3.   Dua kalimat yang menyatakan fakta dalam kutipan tajuk tersebut adalah ….
a.       (1) dan (2)
b.      (2) dan (3)
c.       (3) dan (4)
d.      (1) dan (4)



4.   Pada kutipan tajuk tersebut, penulis berpihak kepada ….
a.       rakyat Indonesia
b.      pemerintah kolonial
c.       R.A. Kartini
d.      budaya Indonesia

Wayang Yang Teracam Punah
Berbicara tentang wayang mungkin dapat menghabiskan waktu yang lama karena Wayang dapat dibicarakan berbagai unsur seni yang terkait dengannya. Wayang banyak mengandung unsur seni, diantaranya seni ukir, lukis, tari, karawitan, suara dan panggung. Bahkan wayang juga merupakan salah satu wahana pendidikan etika dan estetika.
Namun sayang wayang yang merupakan hasil kebudayaan bangsa Indonesia ini tampaknya mulai ditinggalkan penggemarnya. Wayang pada saat ini seperti hidup segan mati tak mau. Keadaan ini sangat memprihatinkan. Dulu, kesenian ini pernah naik daun dan banyak digandrungi semua lapisan masyarakat. Saat ini, ketika cukup sulit untuk melihat pertunjukan wayang. Bahkan instansi pemerintah pun sudah mulai jarang menggelar wayang sebagai pertunjukan rakyat.
Menurut Prof. Dr. dr. KRT Soejono, pemilik Musium Wayang Kekayon, kondisi seperti ini sangat memprihatinkan. Karena itu, pihaknya telah merintis untuk mendirikan Satuan Tugas (Satgas) Wayang bersama Prof. Wisnu Wardana sejak 1976.
Satgas Wayang ini dimaksud untuk membantu masyarakat yang tidak mampu mengadakan pementasan wayang caranya dengan menyiapkan seperangkat wayang dan gamelannya, sedangkan dalang dan pesindennya bias ditentukan oleh orang yang mengadakan acara pementasan. Diambil dari : Buku Bahasa Indinesia untuk SLTP kelas 2.

5. Ide pokok dari paragraph ke-1 dari wacana adalah
a.    Wayang merupakan hasil kebudayaan bangsa Indonesia.
b.    Membicarakan wayang tidak dapat menghabiskan waktu
c.    Kesenian wayang mulai ditinggalkan pengemarnya
d.   Wayang banyak mengandung unsure seni.

6. Kalimat merupakan pendapat dari wacana adalah ….
  1. Wayang merupakan hasil kebudayaan bangsa Indonesia
  2. Wayang banyak mengandung unsure seni, diantara seni ukir, lukis, tari, karawitan, suara dan panggung.
  3. Wayang merupakan hasil kebudayaan bangsa Indonesia
  4. Prof. Dr. dr. KRT Soejono telah merintis untuk mendirikan Satuan Tugas (Satgas)

7.. Kesimpulan dari isi wacana yang berjudul “ Wayang Yang Terancam Punah” adalah ….
  1. Pemilik Musium Wayang Kekayon telah merintis untuk mendirikan Satuan Tugas(Satgas)
  2. Wayang pada saat ini seperti hidup segan untuk matitak mau
  3. Wayang merupakan salah satu wahana pendidikan etika dan estetika
  4. Wayang merupakan hasil kebudayaan bangsa Indonesia perlu dilestarikan.

8.   Satu bulan Tono bersama orang tuanya tinggal di rumah yang baru di komplek perumahan Panorama Wilis. Tinggal di rumah yang baru tidak membuat Tono kesepian, karena di lingkungan yang baru banyak anak seusia Tono. Tono cepat akrab bermain dengan mereka dan sering bermain bersama. Orang tua Tono baik kepada tetangga. Banyak tetangga yang datang ke rumah Tono untuk berkenalana dan Bersilaturahmi.
      Hal-hal pokok yang ada dalam cerita di atas adalah.......
a.   Tono dan keluarganya menempati rumah baru. Karena mereka baik, maka tetangganya   
      pun baik, Tono  banyak teman. 
b.   Tono tidak kesepian karena banyak anak seusianya di lingkungan itu.
c.   Banyak tetangga baru Tono yang bersilaturahmi.
d.   Orang tua Tono baik sekali kepada tetangga kanan kiri.

9.   Matahari telah berjingkrak
       Berseri muka bercermin hati
       Angin menggesek biola
       Di rimbun daunan pagi
      
       Larik yang bermajas sama pada puisi tersebut terdapat pada larik ....
  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 1 dan 4
  4. 2 dan 3

10. Aku buruh kuli pabrik
Bermandi peluh setiap pagi
Kerja berat kurang makan
Bila aku jatuh sakit
Anakku menangis kelaparan
Tidak satupun turun tangan

Tema puisi tersebut adalah ....
  1. kerja keras seorang buruh pabrik
  2. kekhawatiran seorang buruh
  3. kemiskinan  buruh pabrik
  4. keluh kesah buruh pabrik

11. “Yang paling berat di dunia ini ialah menganggur bukan bekerja. Bila seseorang sudah merasa  
      dirinya bekerja, ia akan gembira, karena kegelapan menganggur telah lenyap dari hati”
“ Tapi bukankah menurut kabar yang saya dengar, Haji Said itu selalu ingin menjatuhkan perusahaan ini? Mengapa anak – anaknya diterima untuk bekerja?
“ Kalau dendam dan sakit hati  kita ladeni bagaimana corak dunia ini?”

Pesan yang diperoleh dari kutipan cerpen tersebut ialah ...
  1. Menganggur pekerjaan yang paling berat.
  2. Hendaknya jangan membalas dendam.
  3. Hendaknya dendam dan sakit hati harus dibalas.
  4. Jangan menerima anak – anak penghianat jadi pegawai.

12. (1) Negeri kita tercinta, Indonesia adalah negara kepulauan. (2) Tidak dapat disangkal lagi bahwa  untuk itu diperlukan pelaut dalam jumlah yang tidak sedikit. (3) Pada tanggal 29 Agustus 2005 kita memperingati hari Maritim yang sangat meriah. (4) Hal itu mengingatkan bahwa nenek moyang kita adalah pelaut.
Bukti bahwa terdapat latar tempat dan latar waktu pada kutipan di atas terdapat pada kalimat bernomor ....
a.   (1) dan (2)
b.   (1) dan (3)
c.   (2) dan (3)
d.   (2) dan (4)

13. (1) ” Riri, kenapa kau menangis?”
(2) ” Aku malu, aku marah atas ketidaksetiaannya padaku.”
(3) ” Lalu kau akan meninggalkannya?”
(4) “Terpaksa, habis aku sudah capai.”

Bukti bahwa suasana kutipan cerpen tersebut adalah ketidakharmonisan keluarga tergambar pada nomor ....
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

14.Gulungan ombak yang datang dari tengah lautan, setelah sampai di tepi pantai   bergulung 
     kembali ke tengah lautan. Takjubnya aku tidak dapat dielakkan karena permainan ombak itu 
     merupakan suatu permainan masa. Bukankah begitu perjalanan zaman tersebut?
         Amanat kutipan novel tersebut adalah …
a.       Gulungan ombak datang dari tengah lautan silih berganti.
b.      Kehidupan itu akan berubah-ubah sesuai zamannya.
c.       Ombak bergulung-gulung ke tengah lautan tak terelakkan.
d.      Takjubnya aku tidak dapat dielakkan oleh gulungan ombak.

15.   Dengan  hati-hati, puluhan jangkrik unggul itu dilepas. Aku tidak mengerti. Mengapa makhluk
yang diburu di seluruh pelosok desa itu dilepas? Padahal, dia telah mengeluarkan uang cukup
banyak. Tapi begitu melihat matanya berair, aku merasakan kesedihan yang dalam. Setelah
melihat orang itu berjalan ke arah perkebunan, entah mau ke mana, aku pulang. Pulang dengan
perasaan tidak menentu.
Jenis konflik pada kutipan novel tersebut adalah ….
a.       Fisik                                    
b.      ide
c.       batin
d.      rohani


16.   “Bagaimana dengan si tukang palu itu, Kobie?” Rupanya ia masih penasaran dengan ceritaku
        tadi. Padahal, aku hanya membual tentang si tukang palu itu.
                     “Ya, dia bisa saja mengancam anak-anak di Centreville ini!”
                     “Lantas apa yang akan kita lakukan?”
“Entahlah, Gret, saya bingung.”
         Bu Guru Darmon menjelaskan materi pelajaran. Kami dimintanya berkelompok kecil. Lalu disuruh mengamati beberapa tumbuhan perdu di taman dekat sekolah. Saya sekelompok dengan Gretchen. Sambil mengamati tumbuhan perdu kami melanjutkan percakapan. 
                     “ Gret, kau lihat nimah di atas bukit itu bukan?”
                     “ Ya aku lihat!”
                     “Menurut ayahku, itu tempat persembunyian Si tukang Palu”.
                     “Ah masa iya”.
                     “Iya, rumah itu telah lama ditinggalkan penghuninya. “Rupanya Grethen percaya saja dengan omonganku.
                     “Bagaimana kalau sebentar sore kita intai rumah itu!” Gretchen memberi usulan.
        
         Simpulan kutipan novel tersebut adalah …
a.       Gretchen dibuali Kobie tentang si tukang palu.
b.      Tugas dari guru untuk mengamati beberapa tumbuhan perdu.
c.       Cerita tentang si tukang palu berasal dari ayah Gretchen.
d.      Kobie mengunjungi si tukang palu.

17.    Ombak menari kian kemari
Bulan dan Bintang tersenyum haru
Menyimak nyanyian nak nelayan.

Jenis citraan cuplikan puisi tersebut adalah ………
a. Pengelihatan  b. Pendengaran           c. Perasaan      d. Perabaan

18.   Debu waktu, angin dan pengembara
Menyimpan lagu lama sejarah,
Hidup tak pernah selesai
Namun waktu selalu merangkulnya.

Berdasarkan bait puisi tersebut, larik yang bermajas Personifikasi adalah larik ….
a. Pertama          b. Kedua        c. Ketiga                      d. keempat

19.    Kalimat berikut yang bermajas hiperbola adalah…
       a. Abang becak bekerja hingga hujan keringat mencucuri tubuhnya.
       b. Terimalah hadiah yang tak seberapa ini.
       c. Baik sekali tulisanmu hingga gurumu kesulitan membacanya.
       d. Semangatnya sekeras baja.

20.   Kalimat berikut yang bermajas personifikasi adalah…
       a. Tanah air memanggil para putera bangsa.
       b. Bibirnya seperti delima merekah.
       c. Ayahnya bekerja siang malam membanting tulang.
       d. Bunga bangsa gugur di medan laga.

21.     HUJAN
Titik-titik air membasahi bumi
Pertanda hujan mulai turun
Hujan yang membawa berkah kehidupan
Bagi seluruh makluk Ciptaan-Nya

Tapi benarkah
Hujan selalu membawa berkah
Jawabannya adalah tidak
Hujan tak selalu membawa berkah

Tema puisi adalah . . . .
a.            Hujan tak selalu membawa berkah
b.            Hujan mulai turun
c.            Hujan membawa berkah
d.           Titik-titik air membasahi bumi

22.    Teh hijau itu rasanya pahit.  Banyak olahragawan menyukainya.
        Dua  kalimat tunggal di atas apabila dijadikan kalimat majemuk setara sejajar menjadi…
          a. Teh hijau itu pahit dan banyak olahragawan menyukainya.
          b. Teh hijau itu pahit tetapi  banyak olahragawan menyukainya.        
          c. Teh hijau itu pahit ketika itu banyak olahragawan menyukainya.   
          d. Teh hijau itu pahit walaupun begitu banyak olahragawan menyukainya.

23.      Kalimat yang dapat dihubungkan dengan kata penghubung sebab adalah…
            a. Kelinci itu hampir mati…tidak mendapatkan makanan selama dua hari.
b. Dia  menangis terharu…telah menenangkan pertandingan siang tadi.
            c. Rita mencoba berdiri… badannya masih lemah.
            d. Andi rajin berlatih… memenangkan pertandingan bulu tangkis sekolahnya.

            Kutipan novel berikut untuk menjawab soal no 22 -24.
Lydie sangat terampil dalam pekerjaannya. Dia cepat, cekatan, rajin dan bahkan tak kenal lelah di dalam ruang tenun yang sangat panas itu. Mandor mengawasi dari tempat duduknya yang tinggi dan berada di sudut. Lydie melihat mandor itu memperhatikan dan melemparkan senyum dari bibir bulatnya yang kecil, pertanda dia senang kepada Lydie. Pada suatu sore dua orang petinggi asing berkunjung melihat-lihat pabrik. Pak Marsden membawa mereka untuk melihat bagaimana Lydie bekerja. Lydie mencoba tersenyum dengan sopan.                                                                Sumber:Katherine Peterson, Lydie Jakarta                                                                                                     Gramedia,2002
24.       Latar yang tampak dalam kutipan novel tersebut adalah latar….
            a. waktu dan sosial                                          c. suasana dan waktu
            b. tempat dan suasana                                     d. social dan tempat

25.       Tokoh yang memiliki sifat rajin dan cekatan dalam kutipan novel tersebut ialah….
            a. Pak Marsden                                               c. Mandor
            b. Petinggi Asing                                            d. Lydie

26.       Kutipan novel tersebut mencerminkan tahap alur yang berupa bagian….
            a. penyitusian                                                  c. klimas
            b. pemunculan konflik                        d. penyelesaian

            Kutipan novel terjemahan berikut digunakan untuk soal no 25 –
“Mau separuh sandwichku?” Stephi menawarkan dengan memberanikan diri. Tangela menatapnya dengan tatapan seolah-olah Stephi semacam serangga. “Ini roti diet kok,” Stephi cepat-cepat menjelaskan. Ia juga menjaga berat badan dan sudah berdiet sejak umur Sembilan tahun. “Mayonesnya juga bebas lemak.”
“Memang cuman itu saja milikmu yang bebas lemak,” sergah Tangela. Ia menunggu sampai Stephi mencerna kata-katanya. “Dengar, jangan mentang-mentang kau keponakan Karen, maka aku mesti bermanis-manis kepadamu, kau bukan model. Kau hanyalah anak kaya dari daerah pinggiran, menganggap pekerjaan ini Cuma main-main.Main-mainlah sendiri,” Hardik Tangela.
Tangela berdiri, meraih tas hitamnya yang besar, dan berjalan keluar ruangan.
Stephani terenyak di kursinya. Dikerjap-kerjapkan matanya untuk menghalau air mata yang merebak, dan memandang berkeliling untuk memastikan tidak ada orang lain yang menyaksikan penghinaan itu. Tapi wanita-wanita lain di sana sedang sibuk mengobrol dengan sesame mereka. Stephani menundukkan kepala.
                                    Sumber : Olivia Goldmith, Fashionably late, setelah cinta pergi
                                                                        Jakarta Gramedia, 2000
27.       Watak tokoh Tangela adalah….
            a. sombong dan sensitif                                  c. tidak menghargai orang lain dan sensitive
            b. sombong dan tak mengharagi orang lain    d. emosional dan tak menghargai orang lain.

28.       Watak tokoh digambarkan melalui….
            a. perkataan dan perbuatannya                       c. bentuk fisik dan dialognya
            b. perbuatan dan dialognya                             d. dialog dan perkataannya.

29.       Watak tokoh Stephani adalah….
            a. sombong                                                      c. sensitive
            b. rendah hati                                                  d. emosional

30.       Latar tempat dalam novel ditunjukkan oleh kalimat….
a. Kau hanyalah anak kaya dari daerah pinggiran, menganggap pekerjaan ini Cuma main-
    main.
            b. Tangela berdiri, meraih tas hitamnya yang besar, dan berjalan keluar ruangan.
c. Dikerjap-kerjapkan matanya untuk menghalau air mata yang merebak, dan memandang 
    berkeliling   untuk memastikan tidak ada orang lain yang menyaksikan penghinaan itu.
d. Tapi wanita-wanita lain di sana sedang sibuk mengobrol dengan sesama mereka. Stephani 
    menundukkan kepala.

31.       Kutipan novel tersebut menunjukkan tahap alur….
            a. penyituasian                                                c. klimaks
            b. pemunculan konflik                        d. penyelesaian

32.       Ibu Herni menggelengkan kepala melihat kelakuan anak didiknya. Padanan kata berikut yang mengalami pergeseran makna adalah kata ibu. Ibu  mengalami perubahan makna….
            a. meluas ( generalisasi)                                   c. menyempit (spesialisasi)
            c. penurunan makna (peyorasi)                       d. peninggian makna ( ameliorasi)

33.       Ia seorang yang cacat tubuh akibat perang.
            Makna amelioratif dari kalimat di atas ialah….
            a. tuna netra                                                    c. tuna karya
            b. tuna daksa                                                   d. tuna grahita

34.       Kalimat berikut yang menggunakan kata berkonotasi halus adalah….
            a. Jasa pramwisma sangat diperlukan di kota metropolitan.
            b. Banyak orang yang takut pergi ke Jakarta, takut menjadi gelandangan.
            c. Setelah perusahaan itu bangkrut, kabarnya pemesan pengguna jasa itu merosot.
            d. Maklum banyak yang menjadi korban pemecatan.

35.       Saudara-saudara jangan berkelahi di tempat itu.
            Kata saudara pada contoh kalimat di atas mengalami gejala….
            a. spesialisasi                                                   c. asosiasi
            b. generalisasi                                                  d. peyorasi        

36.       Cermatilah puisi berikut!
            1. Dengarkan angin mengusir batang-batang padi.
            2. Sebelum matahari terbenam.
            3. Dengarkan senandung di balik jendela.
            4. Sebelum keadaan sepi.
            5. Rumah kecil bukalah pintu pagarmu.
            Berdasarkan puisi tersebut larik yang bermajas sama ditandai  nomor….
            a. 1 dan 2                    b. 1 dan 3                    c. 1 dan 4                    d. 1 dan 5

37.       Mobil ambulan meraung-raung mengantarkan jenazah kecelakaan.
            Kalimat di bawah ini yang bermajas sama dengan majas di atas adalah….
            a. Ia menutup pusara ibunya dengan tanah merah.
            b. Terimalah pemberianku yang kurang berharga ini.
            c. Tanaman padi merintih kesakitan pada musim kemarau panjang.
            d. Sawah luas terbentang, hijau, menguning bagaikan permadani.

38.       Rembulan
            Dengan lembut kau pancarkan keagunganmu.
            Walau hanya sesaat.
            Rembulan, kau berjalan di atas bumi pertiwi.
            Dengan sinar keagungan kuterpesona memandangmu.
            Majas personifikasi terdapat dalam puisi di atas, kecuali larik ….
            a.  tiga                                                             c. dua
            b.  lima                                                            d. empat

39.      
Teks Berita I
Teks Berita 2
      Setelah menekan sirine tanda peresmian beroperasi bus gandeng pada pukul 11.45, Fauzi Bowo mengajak hadirin menikmati perjalanan secara gratis. Mereka yang diundang adalah para pejabat Pemprov DKI, wartawan, organda, Dewan Transportasi kota Jakarta, dan tokoh masyarakat. Mereka diundang karena memiliki kontribusi banyak terhadap jalannya transportasi.
      Minggu kemarin Fauzi meresmikan 10 bus gandeng. Sepuluh bus ini adalah bagian dari 30 bus gandeng yang akan disediakan. Sebanyak 13 bus lainnya, masih dalam proses produksi dan selebihnya menyusul.
Diresmikannya bus gandeng tersebut diharapkan dapat memperlancar masyarakat dalam menggunakan transportasi.
           

3.     Penyebab kerusakan hutan yang sudah lama terjadi harus segera kita atasi. Cara yang dapat ditempuh,antara lain menindak petugas perusahaan yang melanggar ketentuan, melarang peladang berpindah, dan menjaga hutan dari bahaya kebakaran.
     Informasi yang dapat diperoleh dari paragraf di atas adalah........
a.   Cara mengatasi kerusakan hutan.
b.   Melarang peladang berpindah dan menjaga hutan dari kebakaran.
c.     Penyebab kerusakan hutan.
d.Cara mengatasi kerusakan hutan dengan jalan menindak perusahaan yang melanggar, melarang    
e.  peladang berpindah, dan hutannya dijaga agar tidak terbakar.
4.  Manfaat kita membaca biografi adalah ....
             a Mengetahui kekurangan tokoh tersebut
b Mengetahui perjalanan tokoh hidup tersebut
c Mengerti bahwa tokoh tersebut pernah mengalami kegagalan
d Mengerti bahwa setipa orang memiliki kelebihan dan kekurangan
5.     Mencatat hal yang menarik dan mengesankan dari perjalanan hidup tokoh, artinya.......
a.  Memehami tokoh tersebut wajar saja kalau sukses
b. Meniru kebiasaan tokoh, baik yang baik maupun yang jelek
c.  Mendiskusikan bahwa tokoh tersebut pantas dijadikan idola
d. Mengemukakan hal yang baik dan positif pada tokoh tersebut
6.     Kebiasaan, pendapat, perjalanan tokoh ada yang positif dan ada yang negatif. Berdasarkan hal tersebut, pernyataan berikut yang tepat adalah...
a. Perjalanan tokoh perlu kita tiru seutuhnya
b Tidak perlu kita mengkultuskan tokoh
c Perjalanan hidup tokoh tentu ada sisi negatifnya
d Kita bisa meniru perjalanan hidup atau hal yang positif



7.     Manfaat kita mengetahui hal-hal yang positif pada diri tokoh adalah...
a.  Kita tidak dapat menceritakan kelebihan tokoh tersebut
b. Dapat mendorong kita untuk bertindak ke hal-hal positif
c.  Dapat kita buat menjadi sebuah cerita yang baik dan menarik
d. Dapat menambah pengetahuan kita tentang berbagai kehidupan manusia
8.     Memberi ulasan buku biografi artinya...
a.  Mengkritik kekurangan tokoh
b. Menghargai segala kelebihan tokoh tersebut
c.  Mendorong kepada kita untuk meniru kelebihan tokoh
d. Memberikan tafsiran, penjelasan, dan komentar buku biografi tersebut.
9.     Menurut data Dinas Pertanian Kecamatan Puspitasari, pada bulan Mei 2007 jumlah produksi pertanian sekitar 300.000 ton. Produksi padi sekitar 50%, 25% berupa jagung, 10% produksi kedelai, dan 1% lain-lain.
Tabel yang tepat untuk melengkapi penggalan paragraf tersebut adalah.......
               
              
No
Produksi
Jumlah
Persen
1.
2.
3.
4.
Padi
Jagung
Kedelai
Lain-lain
75.000
25.000
5.000
1.000
50
25
10
1


a.  

 

No
Produksi
Jumlah
Persen
1.
2.
3.
4.
Padi
Jagung
Kedelai
Lain-lain
100.000
50.000
10.000
1.000
50
25
10
1


     b.




No
Produksi
Jumlah
Persen
1.
2.
3.
4.
Padi
Jagung
Kedelai
Lain-lain
150.000
70.000
20.000
2.000
50
25
10
1


   c.




No
Produksi
Jumlah
Persen
1.
2.
3.
4.
Padi
Jagung
Kedelai
Lain-lain
150.000
75.000
30.000
3.000
50
25
10
1
           


4 komentar:

  1. Untuk yang uas dimana ya bu?

    BalasHapus
  2. Bu ini abraham yg buat uas mana yaaa? #pinjemhptemenjadigoogle+nyatemenku

    BalasHapus
  3. Bu ini abraham yg buat uas mana yaaa? #pinjemhptemenjadigoogle+nyatemenku

    BalasHapus