Rabu, 12 September 2018

Latihan Soal kelas 7



PILIHLAH SATU JAWABAN YANG TEPAT!
1.    Perhatikan kutipan biografi tokoh berikut dengan saksama!

Riana Helmi dalam usianya yang belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan, yaitu 3,67 dan dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan  mahasiswa kedokteran di mana pun. Meskipun begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan prestasi yang diraihnya.

Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi  biografi tersebut adalah ….
A.   Lulus dokter sebelum usia 18 tahun
B.    Menjadi mahasiswa kedokteran di UGM
C.    Remaja Banda Aceh kuliah di kedokteran
D.   Remaja kelahiran Banda Aceh diwisuda

2.    Cermatilah ilustrasi berikut!
B. J. Habibie lahir tanggal 25 Juni 1936 di Pare-pare, Sulawesi Selatan. Kegiatannya mengerjakan sesuatu dan gemar membaca. Habibie dan putra-putra Indonesia yang bekerja di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) menciptakan CN - 235 dan N - 250. B. J. Habibie antara lain mendapat kehormatan dari Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar Jerman Barat tahun 1983.

Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut adalah ....
A.   pencipta pesawat terbang CN - 235 dan N - 250
B.    bekerja di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN)
C.    pegawai Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar Jerman Barat
D.   terlahir di Pare-pare, Sulawesi Selatan

3.    Perhatikan kutipan biografi tokoh berikut dengan saksama!
Semasa hidupnya Dewi Sartika amat gigih memperjuangkan nasib dan harkat kaum perempuan. Sejak 1902, Dewi Sartika sudah merintis pendidikan bagi kaum perempuan. Di rumahnya, Dewi Sartika mengajar anggota keluarga dan kaum perempuan disekitamya mengenai berbagai keterampilan seperti membaca, menulis, memasak, dan menjahit. Pada tanggal 16 Juli 1904 beliau mendirikan Sakola Istri atau sekolah perempuan di Kota Bandung. Sekolah ini menjadi lembaga pendidikan bagi perempuan yang pertama kali didirikan di Hindia Belanda. Tahun 1913 Sakola Istri kemudian diganti namanya menjadi Sakola Kautamaan Istri. Tahun 1913 mendirikan organisasi Kautamaan Istri di tasikmalaya yang menaungi sekolah-sekolah yang didirikan Dewi Sartika.Tahun 1929 Sakola Kautamaan Istri Berganti nama lagi menjadi Sekolah Raden Dewi. Pemerintah Hindia Belanda membangunkan gedung baru dan memberi fasilitas yang lengkap untuk sekolah Raden Dewi Sartika ini.

Hal yang dapat diteladani dari kutipan biografi Dewi Sartika adalah ...
A. Sifat Sifat keibuan tokoh dalam mengasuh anak-anaknya.
B. Perjuangan tokoh dalam mengajar kaum perempuan untuk melek huruf.
C. Kepeduliaan tokoh berjuang melawan tentara belanda di medan laga.
D. Semangat pantang menyerah tokoh dalam menuntut kemerdekaan kepada penjajah.


4.     Pemerintah Kabupaten Probolinggo menawarkan paket wisata erupsi Gunung Bromo. Penawaran ini diciptakan demi meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung, sekaligus memberikan jaminan bahwa gunung setinggi 2329 m dari permukaan laut tersebut aman dikunjungi meski berstatus siaga. Nantinya, wisatawan bisa menikmati pemandangan eksotis Gunung Bromo dari kejauhan. Penawaran paket wisata ini juga termasuk kegiatan menikmati hasil panen dan keeksotisan matahari terbit.
      Teks di atas membahas tentang…
A. Keindahan Gunung Bromo
B. Kebaikan hati Pemerintah Kabupaten Probolinggo
C. Penawaran paket wisata erupsi Gunung Bromo
D. Pemandangan eksotis Gunung Bromo.
5.   Rangkaian koral di Laut Karimun Jawa terdiri dari macam-macam bentuk dan ragam. Ada yang berbentuk bunga berwarna merah muda dengan bagian tengah menyerupai bintik-bintik benang sari. Ada pula berbagai karang dengan bentuk tumbuhan kaktus bergerigi, corak biru, dan hijau. Keindahan koral-koral ini dilengkapi lagi dengan kehadiran ikan-ikan kecil berwarna oranye yang berenang di atasnya. Tak ketinggalan pula, ada juga koral berbentuk jamur kuping berwarna cokelat yang sangat mirip dengan jamur sungguhan.
      Kalimat utama paragraf deskripsi di atas ada pada kalimat…
A. Kesatu                          B. Kedua                     C. Ketiga                     D. Keempat
6.  (1) Curuk Cijalu terletak di Kecamatan Sagalaherang, berjarak 37 km dari kota Subang ke arah selatan (1 jam perjalanan) dan sekitar 50 km dari Kota Bandung ke arah utara (1,5 km perjalanan). (2) Seperti namanya, curug (air terjun, bahasa Sunda), merupakan sepasang air terjun yang tumpahan airnya mengalir deras membelah bukit di puncak Gunung Sunda, sekitar 800 meter di atas permukaan laut. (3) Tumpahan air itu menyajikan panorama indah pada birunya langit, sejuknya udara, dan hijaunya pepohonan yang menyelimuti suasana wisata yang berada di Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. (4) Belum lagi percikan air terjun yang dingin, sejuk dan putih, membuat para wisatawan tak tahan lagi ingin segera bermandi ria di bawahnya. Pada teks di atas, kalimat definisi tempat terdapat pada ….
     A. kalimat ke-1                              B. Kalimat ke-2
     C. kalimat ke-3                               D. kalimat ke-4
7.   Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!
      1) Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil. Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong. 2) Gerak srisig adalah gerak dengan sikap berdiri jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil. Nacah miring yaitu kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. Kengser adalah gerak kaki ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai. Gerak embat atau entrag adalah gerak dengan posisi lutut yang membuka karena mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku), dan gerak di tempat (sekaran mandheg). 3) Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu. Urutan teks yang tepat sesuai dengan struktur teks deskripsi adalah
      A. 1 - 3 – 2                                    B. 3 - 1 – 2
      C. 2 - 3 – 1                                    D. 3 - 2 - 1
8.   Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur dengan bahasa Arab saat menari. Nyanyian dalam Tari Saman dibagi dalam lima macam. Regnum adalah nyanyian berupa suara auman. Dering adalah suara auman yang dilakukan oleh semua penari. Redet adalah lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari. Sek adalah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak. Saur yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo. Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Gerak dalam tari itu disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua nama gerak ini adalah bahasa Gayo). Berasal dari bahasa apa nama gerak dalam tari Saman?
A. bahasa Gayo                                         B. bahasa Arab
      C. bahasa Melayu                                     D. bahasa Indonesia
 9.  Dari kutipan teks soal no.8, siapakah yang menyanyikan saur?
A. seorang penari                                    B. semua penari
      B. penyanyi Arab                                       D. penyanyi solo diikuti semua penari

10.  Dari kutipan teks soal no.8, nyanyian syair lagu tari Saman berasal dari bahasa apa?
        A. bahasa Indonesia dan Gayo           B. bahasa Arab dan Indonesia
        C. bahasa Melayu dan Gayo                D. bahasa Gayo dan Arab
11. Perhatikan cuplikan cerita berikut!
        Wiz melanjutkan perjalanan pulangnya. Kembali Wiz bertemu dengan kakak beradik yang duduk di atas batu di pinggir sungai. “Aduh, sakit perutku Kak, “kata anak laki-laki sambil meringis kesakitan sambil memegang perutnya. “Sakit sekali, ya, Dik,” tanya kakak perempuannya yang buruk rupa. “Iya, Kak, aku sudah tak tahan lagi,” ucap anak lelaki menahan sakit. Wiz yang mendengar percakapan tersebut bertanya, “Ada yang bisa saya bantu?” “O, ya, pak kurcaci. Adikku butuh pertolongan. Ia sakit perut, mungkin terlalu banyak makan jambu air,” Sang Kakak memberitahu Wiz. Wiz mengambil belimbing hijau dan diberikan ke anak lelaki itu. “Nah, makan ini,” kata Wiz. Wiz lalu mengambil belimbing putih dan diberi kepada sang kakak. Ajaib si adik menjadi sembuh dari sakit perutnya dan sang kakak wajahnya berubah menjadi cantik. Latar yang ditonjolkan pada cerita tersebut adalah …
      A. Latar tempat dan latar waktu                                              B. Latar tempat di pinggir sungai dan di hutan
       C. Latar Suasana yang menyedihkan dan membahagiakan  D. Latar Suasana yang membahagiakan dan   
                                                                                                             latar tempat di pinggir sungai.
12. Cermati cuplikan cerita berikut!
       Seluruh pasukan Nataga sudah siap hari itu. Nataga membagi tugas kepada seluruh panglima dan pasukannya dititik-titik yang sudah ditentukan. Seluruh  binatang di Tana Modo tampak  gagah dengan keyakinan di dalam hati, mempertahankan milik mereka.Hari itu, sejarah besar Tana Modo kan terukir di hati seluruh binatang.  Mereka akan berjuang hingga titik darah penghabisan untuk membela tanah air tercinta.  Tokoh Nataga pada teks diatas mempunyai watak ...
       A. Sewenang-wenang, suka memerintah                      B. Cakap, cerdas, bertanggung jawab
       C. Bertanggung jawab, sesuka hati                                     D. Cerdas, cakap, otoriter
13.  Cermati cuplikan teks berikut!
        .....Tiba-tiba Nagata  pemimpin   perang seluruh binatang di Tana Modo,segera melesat menyeret ekor birunya. Mendadak, ekor Nataga mengeluarkan api besar. Nataga mengibaskan api pada ekornya dengan keras, membentuk lingkaran sesuai tanda yang dibuat oleh semut, rayap, dan para tikus. Lalu, ia melompat bagai kilat dan mengepung serigala dalam api  panas. Kepungan api  semakin luas. Serigala-serigala tak berdaya menghadapi kekuatan siekorbiru. Teriakan panik dan kesakitanterdengar dariserigala-serigalayangterbakar.Natagatidakmemberiampunkepada paraserigalalicikitu. Suasana yang tercipta pada cuplikan cerita Nataga menunjukkan …
       A. menegangkan                     C. bahagia                         B. menyedihkan                      D. Cemas
14. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
     (1) Mereka sekarang dinafkahi dengan pekerjaan Helen sebagai pelukis. (2) Disebuah rumah yang sangat besar, tinggallah tiga bersaudara. (3) Farel dan Adzwa yang sekarang masih bersekolah di MTsN Jakarta. (4) Helen, Adzwa, dan Farel adalah tiga bersaudara jatim piatu yang hidup     Bersama sejak Adzwa berumur dua tahun.
       Penyusunan kalimat-kalimat diatas menjadi paragraf cerita yang padu adalah …. 
        A.  Disebuah rumah yang sangat besar, tinggallah tiga bersaudara. Helen,       Adzwa,       dan Farel adalah tiga bersaudara jatim piatu yang hidup      Bersama sejak Adzwa       berumur dua tahun. Mereka sekarang dinafkahi dengan pekerjaan Helen      sebagai pelukis.Farel dan Adzwa yang sekarang masih bersekolah di MTsN      Jakarta.
       B.  Farel dan Adzwa yang sekarang masih bersekolah di MTsN Jakarta. Helen,     Adzwa, dan Farel adalah tiga bersaudara jatim piatu yang hidup Bersama     sejak  Adzwa berumur dua tahun.Disebuah rumah yang sangat besar,      tinggallah tiga bersaudara.Mereka sekarang dinafkahi dengan pekerjaan     Helen sebagai pelukis.
        C.  Disebuah rumah yang sangat besar, tinggallah tiga bersaudara.Helen,     Adzwa,  dan Farel adalah tiga bersaudara jatim piatu yang hidup Bersama      sejak Adzwa  berumur dua tahun.Farel dan Adzwa yang sekarang masih     bersekolah di MTsN Jakarta.Mereka sekarang dinafkahi dengan pekerjaan     Helen sebagai pelukis.
       D.  Farel dan Adzwa yang sekarang masih bersekolah di MTsN      Jakarta. Disebuah rumah yang sangat besar,  tinggallah         tiga  bersaudara. Mereka sekarang Helen, Adzwa, dan Farel adalah tiga      bersaudara jatim piatu yang hidup Bersama sejak  Adzwa berumur dua      tahun.g dinafkahi dengan pekerjaan Helen   sebagai pelukis.    
15. Perhatikan cuplikan cerita berikut!
              ………………………………………….    Suatu hari, Wiz pergi menggali sumur di desa sebelah hutan Morin. Tiba-tiba matanya terkena pecahan batu galian. “Wah, bahaya kalau tidak cepat ditangani,”    Wiz lalu mengambil belimbing kuning dari dalam tasnya, kemudian dimakannya. Ajaib, seketika itu juga sakit di mata Wiz kembali pulih. Ketika hari mulai sore, Wiz pulang ke hutan. Ditengah perjalanan Wiz ketemu seorang ibu tua yang sakit asma. Wiz jatuh kasihan, kemudian dia mengambil belimbing merah dari tasnya dan diberikan kepada ibu tua itu. Setelah ibu tua memmaknanya, seketika itu juga sembuhlah penyakit asmanya.
       ……………………………………….. Yang menjadi tokoh utama pada cuplikan cerita di atas adalah …
      A. Wiz                                     B. Belimbing merah       C. Ibu         D. belimbing kuning
16. orang tuanya meninggal karena keracunan tempe bongkrek, Srintil yang masih anak-anak hidup bersama kakek neneknya. Kelak, Srintil akan menjadi ronggeng kebanggaan di Dukuh Paruk. Sedari kecil, poster tubuh Srintil memang sudah memperlihatkan lekuk seorang ronggeng.       Dengan restu Ki Secamenggolo, Srintil pun menjadi ronggeng. Profesi Srintil ini membanggakan Sukarya dan istrinya, nenek Srintil. Dukuh Paruk pun juga menyambut penobatan Srintil dengan suka cita karena Dukuh Paruk. Kutipan cerita tersebut menunjukkan bagian....
       A. orientasi                           C. resolusi                B. komplikasi                        D. konklusi
17. Perhatiakan peristiwaperistiwa berikut!
       1. Tampak Ruli, ayah, dan ibu Ruli keluar dari mobil 2. “Waalaikum sala  cah bagus...” jawab nenek Ruli, “Mari, masuk. Nenek         sudah buatkan minuman dan camilan kesukaanmu.” 3. Azan magrib selesai dikumandangkan ketika mobil keluarga Ruli tiba di       rumah neneknya. 4. “ Assalamualaikum,” ucap Ruli sambil mencium tangan neneknya. 5. Sementara itu, nenek Ruli menyambut kedatangan mereka di teras rumah Susunan peristiwa agar menjadi cerita fantasi yang padu adalah....
       A . 3,1.4,2.5           C. 4,2,3,1,5              B. 3,1,5,4,2               D. 4,2,5,1,3                             


9 komentar:

  1. Makasih banyak bu Naning semoga PTS B.Indonesia ku nanti bisa mendapatkan nilai yang memuaskan Amin......

    BalasHapus
  2. Makasih buk latihan soalnya sangat membantu
    ☺️☺️

    BalasHapus
  3. Makasih bu doain biar nilai pts bagus

    BalasHapus
  4. Makasih Bu Naning sangan membantu bisa buat latihan PTS

    BalasHapus
  5. Best slot machines on internet in UK casinos
    The biggest slot machine luckyclub.live in the UK · 7. El Yucateco · 8. Red Tiger · 9. Big Time Gaming · 10. Jackpot City · 11. LeoVegas.

    BalasHapus