Minggu, 15 Maret 2015

KISI-KISI BAHASA DAERAH IX 2015

DINAS PENDIDIKAN KOTA SURABAYA KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH TULIS TAHUN PELAJARAN 2014/2015 

Jenjang Pendidikan : SMP
 Mata Pelajaran : Bahasa Daerah 
Kurikulum : KTSP 2006
 Jumlah Soal : 45 butir Waktu : 90 Menit
Membaca Menceritakan riwayat hidup paraga/tokoh yang diidolakan. VII 
Tokoh Idola – Informasi tersirat Informasi rinci Disajikan biografi tokoh idola, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang watak dari biografi tokoh yang diidolakan. PG 1 
Disajikan biografi tokoh idola, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang jasa tokoh yang diidolakan dengan benar PG 2 

Disajikan cuplikan wacana (sastra/non sastra), siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gagasan utama dalam
wacana secara cepat dan tepat.
PG 3
Informasi rinci Disajikan cuplikan wacana (sastra/non sastra), siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi dalam wacana
secara cepat.
PG 4
Informasi rinci Disajikan cuplikan wacana (sastra/non sastra), siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi dalam wacana
secara cepat.
PG 5
Informasi rinci Disajikan cuplikan wacana (sastra/non sastra), siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi dalam wacana
secara cepat.
PG 6
3. Membaca
Menemukan isi pesan dari drama
(modern dan tradisional).
IX Drama modern / tradisional
– Informasi tersirat
Disajikan cuplikan drama (modern dan tradisional), siswa dapat
menentukan jawaban atas pertanyaan tentang karakter/ perwatakan
tokoh dalam cerita drama.
PG 7
Informasi tersirat Disajikan cuplikan drama (modern dan tradisional), siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang latar (setting)
dalam cerita drama.
PG 8
Informasi tersirat Disajikan cuplikan drama (modern dan tradisional), siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang alur dalam
cerita drama.
PG 9
Informasi tersirat Disajikan cuplikan drama (modern dan tradisional), siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pesan yang
terkandung dalam cerita drama.
PG 10
4. Membaca
Berwawancara dengan
menggunakan berbagai ragam
bahasa.
VIII Wawancara – Definisi Disajikan cuplikan wawancara, siswa dapat menentukan jawaban
yang tepat atas pertanyaan tentang definisi wawancara.
PG 11
Penerapan teknik
wawancara
Disajikan teknik wawancara, siswa dapat menerapkan contoh salah
satu teknik wawancara. PG 12
5. Menulis
Menerapkan dialog dengan
menggunakan berbagai ragam
bahasa
VII Unggah-ungguh Basa
– Definisi
Disajikan bagan unggah-ungguh basa, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pengertian ragam basa
ngoko.
PG 13
Definisi Disajikan bagan unggah-ungguh basa, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pengertian ragam basa
krama.
PG 14
Kosa kata Disajikan kalimat beragam basa ngoko, siswa dapat merubah dengan
tepat kalimat tersebut ke dalam ragam basa krama.
PG 15
Kosa kata Disajikan kalimat beragam basa ngoko, siswa dapat merubah dengan
tepat kalimat tersebut ke dalam ragam basa krama.
Uraian 1a
Kosa kata Disajikan kalimat beragam basa krama, siswa dapat merubah dengan
tepat kalimat tersebut ke dalam ragam basa ngoko.
PG 16
Kosa kata Disajikan kalimat beragam basa krama, siswa dapat merubah dengan
tepat kalimat tersebut ke dalam ragam basa ngoko.
Uraian 1b
Penerapan ragam
bahasa
Disajikan kalimat ber-ragam basa, siswa dapat menerapkan ragam
bahasa yang tepat sesuai dengan pemakaiannya.
PG 17
Penerapan ragam
bahasa
Disajikan kalimat ber-ragam basa, siswa dapat menerapkan ragam
bahasa yang tepat sesuai dengan pemakaiannya.
PG 18
6. Menulis
Menulis surat pribadi dengan
menggunakan ragam bahasa Jawa
yang baik dan benar.
VIII Surat – Perbedaan surat Disajikan jenis-jenis surat, siswa dapat menentukan jawaban yang
tepat atas pertanyaan tentang perbedaan surat resmi dan surat non
resmi.
PG 19
Informasi tersirat Disajikan contoh surat, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
atas pertanyaan tentang bagian-bagian surat.
PG 20
Informasi tersirat Disajikan contoh surat, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
atas pertanyaan tentang bagian-bagian surat.
PG 21
7.
Membaca
Berpidato untuk berbagai keperluan.
IX
Pidato – Kosa kata Disajikan cuplikan bagian pidato, siswa dapat melengkapi dengan tepat
bagian pidato dengan kosa kata yang tepat berdasarkan bagian pidato
yang dimaksud.
PG 22
Informasi tersirat Disajikan cuplikan pidato, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
atas pertanyaan tentang bagian pidato.
PG 23
8. Membaca
Menemukan isi cerita. IX
Wayang – Informasi
tersirat
Diberikan cuplikan cerita wayang, siswa dapat menentukan jawaban
dengan tepat atas pertanyaan tentang karakter/perwatakan tokoh
wayang.
PG 24
Informasi tersirat Disajikan cuplikan cerita wayang, siswa dapat mennetukan jawaban
yang tepat atas pertanyaan tentang pesan yang terkandung dalam cerita
wayang.
PG 25
Informasi tertentu Disajikan macam-macam cerita wayang, siswa dapat menyebutkan
dengan tepat beberapa tokoh wayang yang diketahui.
Uraian 3
9.
Membaca
Menemukan inti puisi. VIII
Geguritan – Makna kata Disajikan geguritan, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang makna kata tertentu yang terdapat dalam puisi.
PG 26
Makna kata Disajikan geguritan, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang makna kata tertentu yang terdapat dalam puisi.
PG 27
10. Menulis
Membuat tembang macapat sesuai
dengan kaidahnya.
IX Tembang Macapat –
Definisi
Disajikan contoh tembang macapat, siswa dapat menentukan jawaban
yang tepat atas pertanyaan tentang definisi paugeran (guru gatra, guru
lagu, guru wilangan) dalam tembang macapat.
PG 28
Informasi rinci Disajikan contoh tembang macapat, siswa dapat menentukan jawaban
yang tepat atas pertanyaan tentang paugeran (guru gatra, guru lagu,
guru wilangan) dalam tembang macapat.
PG 29
Informasi rinci Disajikan contoh tembang macapat, siswa dapat menentukan jawaban
yang tepat atas pertanyaan tentang paugeran (guru gatra, guru lagu,
guru wilangan) dalam tembang macapat.
PG 30
Informasi tertentu Disajikan pengertian tembang macapat, siswa dapat menyebutkan
dengan tepat beberapa tembang macapat yang diketahui.
Uraian 4
11. Menulis
Menulis kalimat yang mengandung
basa rinengga.
VIII Basa Rinengga – Definisi Disajikan kalimat berbasa rinengga, siswa dapat menentukan jawaban
yang tepat atas pertanyaan tentang definisi basa rinengga.
PG 31
Penerapan kelompok Disajikan kalimat berbasa rinengga, siswa dapat menggolongkan/
mengklasifikasikan dengan tepat kalimat ke dalam pengelompokan
basa rinengga.
PG 32
Makna kata Disajikan kalimat berbasa rinengga, siswa dapat menentukan jawaban
dengan tepat atas pertanyaan tentang makna kata tertentu yang
termasuk dalam basa rinengga.
PG 33
Makna kata Disajikan kalimat berbasa rinengga, siswa dapat menentukan jawaban
dengan tepat atas pertanyaan tentang makna kata tertentu yang
termasuk dalam basa rinengga.
PG 34
Makna kata Disajikan kalimat berbasa rinengga, siswa dapat menentukan jawaban
dengan tepat atas pertanyaan tentang makna kata tertentu yang
termasuk dalam basa rinengga.
PG 35
Makna kata Disajikan kalimat berbasa rinengga, siswa dapat menentukan jawaban
dengan tepat atas pertanyaan tentang makna kata tertentu yang
termasuk dalam basa rinengga.
Uraian 2a
Makna kata Disajikan kalimat berbasa rinengga, siswa dapat menentukan jawaban
dengan tepat atas pertanyaan tentang makna kata tertentu yang
termasuk dalam basa rinengga.
Uraian 2b
Makna kata Disajikan kalimat berbasa rinengga, siswa dapat menentukan jawaban
dengan tepat atas pertanyaan tentang makna kata tertentu yang
termasuk dalam basa rinengga.
Uraian 2c
Makna kata Disajikan kalimat berbasa rinengga, siswa dapat menentukan jawaban
dengan tepat atas pertanyaan tentang makna kata tertentu yang
termasuk dalam basa rinengga.
Uraian 2d
12. Menulis
Menulis menggunakan huruf Jawa.
VII Aksara Jawa – Informasi
tersirat
Disajikan contoh kalimat berhuruf Jawa, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang istilah lain aksara Jawa.
PG 36
Penerapan sandhangan Disajikan contoh sandhangan, siswa mampu menerapkan sandhangan
dengan tepat ke dalam kalimat.
PG 37
Penerapan Disajikan kalimat berhuruf Latin, siswa dapat merubah dengan tepat
kalimat tersebut ke dalam huruf Jawa.
Uraian 5a
Penerapan Disajikan kalimat berhuruf Latin, siswa dapat merubah dengan tepat
kalimat tersebut ke dalam huruf Jawa.
Uraian 5b
13. Menulis
Menulis dengan huruf Jawa.
VIII Aksara Murda – Penerapan Disajikan kalimat berhuruf Jawa, siswa dapat menerapkan dengan tepat
penulisan aksara Murda dalam kalimat.
PG 38
Aksara rekan – Siswa dapat menerapkan dengan tepat penulisan aksara rekan dalam kalimat.
PG 39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar